BUSINESS PLAN
JALA – JALA
OLEH :
Hidayati Rizki 102102009
Nining Dhemitra 102102010
Fanny Shirli 102102031
Nirwana Padang 102102043
Khalida Zukhra 102102055
BAB I
DATA PROFIL
FAKULTAS EKONOMI
BUSINESS PLAN
JALA – JALA
KHALIDA ZUKHRA (102102055)
D-III AKUNTANSI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Medan
2013
DATA PERUSAHAAN
1.
|
Nama Perusahaan
|
JALA – JALA
|
2.
|
Bidang Usaha
|
Kuliner
|
3.
|
Jenis Produk
|
Roti Jala
|
4.
|
Alamat Perusahaan
|
Jl. Garu 3 Gg. Griya Cendana No. 18 medan
|
5.
|
Nomor Telepon
|
-
|
6.
|
Alamat Email
|
|
7.
|
Mulai Berdiri
|
3 Maret 2013
|
A. BIODATA OWNER & INVESTOR
1.
|
Nama
|
Khalida Zukhra
|
2.
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3.
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Medan, 14 Agustus 1992
|
4.
|
NIM Lengkap
|
102102055
|
5.
|
Program Studi
|
D3 Akuntansi
|
6.
|
Alamat
|
Jl. Veteran Psr. IV Helvetia Medan
|
7.
|
Telp/ HP
|
083199380011
|
8.
|
Email
|
|
9.
|
Peran Dalam Perusahaan
|
Direktur
|
1.
|
Nama
|
Nirwana Br Padang
|
|
2.
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
|
3.
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Tj.Bale, 6 Juni 1992
|
|
4.
|
NIM Lengkap
|
102102043
|
|
5.
|
Program Studi
|
D3 Akuntansi
|
|
6.
|
Alamat
|
Jl. Jamin Ginting Gang Kamboja No. 41 Medan
|
|
7.
|
Telp/ HP
|
085275759042
|
|
8.
|
Email
|
|
|
9.
|
Peran Dalam Perusahaan
|
Marketing
|
|
|
|
|
|
1.
|
Nama
|
Nining Dhemitra
|
2.
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3.
|
Tempat Tanggal Lahir
|
sergei, 29 Februari 1992
|
4.
|
NIM Lengkap
|
102102010
|
5.
|
Program Studi
|
D3 Akuntansi
|
6.
|
Alamat
|
Jl. Karya Wisata Ujung Komp. Griya Wisata No. G283
|
7.
|
Telp/ HP
|
081990409373
|
8.
|
Email
|
|
9.
|
Peran Dalam Perusahaan
|
Keuangan
|
1.
|
Nama
|
Hidayati Rizki
|
2.
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3.
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Kisaran, 12 Februari 1992
|
4.
|
NIM Lengkap
|
102102009
|
5.
|
Program Studi
|
D3 Akuntansi
|
6.
|
Alamat
|
Jl. Garu 3 Gg. Griya Cendana No. 18
|
7.
|
Telp/ HP
|
08576262951
|
8.
|
Email
|
|
9.
|
Peran Dalam Perusahaan
|
Distributor
|
1.
|
Nama
|
Fanny Syirli Amrina
|
2.
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3.
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Medan, 23 September 1992
|
4.
|
NIM Lengkap
|
102102031
|
5.
|
Program Studi
|
D3 Akuntansi
|
6.
|
Alamat
|
Jl. Karya Jaya No. 112b
|
7.
|
Telp/ HP
|
087868727730
|
8.
|
Email
|
|
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan hidayahNyalah kami dapat menyelesaikan Proposal Business Plan.
Proposal ini berisikan rancangan usaha yang akan kami laksanakan pada kegiatan praktik bisnis. Dalam proposal ini kami akan menjelaskan produk yang akan kami pasarkan yaitu DRAGON FRESH, get dragon get fresh!. Dalam proposal ini kami menguraikan mulai dari latar belakang usaha, keunggulan produk yang kami tawarkan sampai kepada rincian anggaran.
Oleh karena keterbatasan ilmu yang kami miliki, maka dengan segala kerendahan hati mentor business plan dan pembaca agar kiranya memberikan kritik dan saran atas kekurangan-kekurangan maupun kesilapan dalam penyajian proposal ini agar kami dapat lebih menyempurnakan pada proposal berikutnya. Dan kami berharap semoga tugas yang kami ajukan ini dapat memenuhi standart penilaian dosen bidang studi, dan semoga bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan bagi siapa saja yang membaca.
Medan, Maret 2013
Penulis
BAB II
RINGKASAN EKSEKUTIF
Usaha ini merupakan pembuatan roti jala kuah kari yang dilengkapi dengan acar. Roti jala merupakan salah satu makanan khas dari suku Melayu. Rasanya gurih dan nikmat dengan cita rasa Indonesia yang kental serta terjangkaunya harga yang ditawarkan menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai Anda bersama rekan dan keluarga. Kami mempunyai dua target konsumen yaitu untuk jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek kami menargetkan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara sedangkan untuk jangka panjangnya yaitu masyarakat kota Medan dan masyarakat Indonesia.
Kebutuhan modal untuk memulai usaha ini Rp 240.000 dana tersebut untuk dialokasikan sebagai kebutuhan pengeluaran awal produksi. Berikut rincian kebutuhan awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha Jala-Jala ini:
Jenis kebutuhan
|
Jumlah
|
Harga beli/bungkus roti jala
|
Rp. 6.000
|
Harga jual
|
Rp. 10.000
|
Keuntungan
|
Rp. 4.000
|
BAB III
ANALISIS IDE PRODUK
A. Identitas Perusahaan
Nama : JALA-JALA
Lokasi : Jl. Garu 3 Gg. Griya Cendana No. 18 medan
Pemilik : Perusahaan ini merupakan perusahaan partnership yang digaungi oleh :
· Direktur : Khalida Zukhra
· Keuangan : Nining Dhemitra
· Marketing : Nirwana Padang
· Distributor : - Hidayati Rizki
- Fanny Syirli Amrina
B. Gambaran Produk
Produk yang ditawarkan adalah roti jala dengan cita rasa yang nikmat yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan tanpa bahan pengawet serta pewarna buatan sehingga aman untuk dikonsumsi.
C. Keunikan Produk
Berikut ini adalah beberapa keunikan produk yang kami tawarkan :
1. Mempunyai cita rasa Indonesia yang kental.
2. Mempunyai tester sebelum membeli.
3. Memiliki packaging yang menarik.
D. Prakiraan Resiko
Beberapa resiko yang mungkin dihadapi adalah:
1. Banyaknya usaha yang sama.
2. Kurang populernya produk.
BAB IV
ANALISIS PEMASARAN
A. Analisis Industri
Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak di bidang yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk yang sudah ada yaitu yang terpenting adalah menjaga kualitas cita rasa yang ditawarkan dan menjamin produk aman untuk dikonsumsi. Kedua hal tersebut menjadi faktor penentu kualitas roti jala yang akan ditawarkan kepada para konsumen. Kemudian, didukung dengan strategi pengemasan produk yang menarik. Hal ini penting untuk menarik perhatian konsumen dan menjadi salah satu alat bagi mereka untuk membedakan produk kami dengan produk lainnya milik kompetitor.
B. Target Pasar
Target utama pasar kami adalah seluruh mahasiswa Universitas Sumatera Utara, dan seluruh masyarakat kota Medan. Untuk memperluas jangkauan pasar, kami membuka sistem pemasaran melalui jaringan internet.
C. Marketing Mix Strategy
No.
|
Marketing Mix Strategy
|
Keterangan
|
1.
|
Produk (product)
|
Roti Jala
|
2.
|
Tempat (place)
|
Jl. Garu 3 Gg. Griya Cendana No. 18
|
3.
|
Harga (price)
|
Rp. 10.000/ Bungkus
|
BAB V
ANALISIS OPERASIONAL
A. Visi dan Misi Perusahaan
1. Visi
Membentuk orientasi pelayanan dengan menciptakan kepercayaan kepada konsumen agar menjadi pelanggan setia.
2. Misi
· Menciptakan kepuasan kepada konsumen,
· Mempertahankan kualitas produk,
· Meningkatkan omzet tiap bulan.
B. Struktur organisasi
1. Direktur : Khalida Zukhra
2. Keuangan : Nining Dhemitra
3. Marketing : Nirwana Padang
4. Distributor : - Hidayati Rizki
- Fanny Syirli Amrina
BAB VI
TARGET USAHA
Omzet Rp 400.000 (40 bungkus)
Modal (Rp 240.000)
Laba bersih --------------------------------------------- Rp 160.000
Target : terjual 40 bungkus.
BAB VII
ANALISIS KEUANGAN
Modal : Rp 240.000
Laporan Laba/ Rugi
KETERANGAN
|
|
DEBET
|
KREDIT
|
Pendapatan :
|
|
|
Rp. 400.000
|
Beban :
|
|
|
|
Beban Bahan Baku
|
Rp. 200.000
|
|
|
Beban Peralatan
|
Rp. 15.000
|
|
|
Beban Ongkos
|
Rp. 25.000
|
|
|
Total Beban
|
|
Rp. 240.000
|
|
Laba Bersih
|
|
|
Rp. 160.000
|